5 Kiat Menghadapi Bos Pemarah



Di tempat kerja, apa saja bisa anda temui. Anda bertemu rekan kerja, atasan, office boy, satpam dan lain sebagainya. Kadang, yang anda temui tidak selalu sesuai dengan apa yang anda inginkan, termasuk bertemu dengan atasan atau bos pemarah.
Berhadapan dengan bos yang pemarah memang gampang-gampang susah, kita salah dia marah, kita benar, eh... dia masih marah. Nah, jika kondisi anda seperti itu saat ini, anda bisa simak kiat-kiat berikut ini.
1.       Evaluasi Diri
Sebelum melihat ke orang lain, ada baiknya anda melihat ke dalam diri sendiri. Lakukan personal scanning ke dalam diri anda. Jangan-jangan, yang pemarah bukan bos anda, tapi anda yang salah. Ada baiknya juga melakukan kroscek ke teman-teman anda, apakah sang bos juga sering marah ke teman yang lain, atau hanya kepada anda. Hasil kroscek ini sangat penting bagi anda untuk menentukan sikap selanjutnya.

2.       Cari Tahu Standar Kerja Yang Diinginkan
Salah satu sebab atasan marah seringkali karena tidak terpenuhinya standar kerja bagi sang bos. Oleh karena itu, cari tahu standar kerja sang bos dari rekan kerja yang pernah bekerja dengan bos tersebut sebelumnya.

3.       Ikuti Aturannya
Mau tidak mau, suka tidak suka, dialah pimpinan atau bos anda. Maka, selama masih bisa di tolerir maka ikutilah aturan mainnya. Dengan catatan selama bisa di tolerir ya. Jika sudah kelewat batas, anda bisa memikirkan alternatif yang lain, misalnya melaporkan ke atasannya sang bos atau mulai berpikir pindah kerja.

4.       Lakukan Pendekatan Personal
Salah satu tips yang bisa dilakukan untu memperbaiki kondisi ini adalah dengan melakukan pendekatan personal. Jika ada kesempatan berbicara secara personal, maka ambillah kesempatan itu. Gali sebanyak mungkin informasi dari sang bos itu sendiri, bisa tentang keluarga, pekerjaan, hobby dan lain sebagainya. Dengan cara ini mungkin anda akan menemukan penyebab kenapa bos anda berlaku seperti itu.

5.       Tawarkan Bantuan
Menghadapi bos pemarah, anda harus bisa mengambil hatinya. Sering-seringlah menawarkan bantuan kepadanya. Baik urusan pekerjaan atau bukan. Dijamin, lama-kelamaan hati bos anda akan melunak kepada anda.
Nah, sekarang anda tidak perlu stres, cobalah kiat-kiat diatas, dan perhatikan apa yang terjadi :)

1 comments:

  1. serem yaaa kalo punya bos yang suka marah-marah

    ReplyDelete