5 Jurus Jitu Menulis Surat Lamaran Kerja


Salah satu faktor penting diterima atau tidaknya seseorang pada saat melamar pekerjaan adalah surat lamaran pekerjaan. Surat lamaran kerja adalah penentu bisakah anda melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara. Spesifikasi pendidikan anda, tentu saja penting, tetapi bagaimana cara kita menulis surat lamaran kerja menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya.
 Berikut ini 5 jurus jitu menulis surat lamaran kerja agar diterima perusahaan


11.       Buat Berbeda
Suatu perusahaan dalam satu periode lowongan akan menerima puluhan bahkan ratusan surat lamaran dari para pelamar. Oleh karena itu, surat lamaran anda haruslah terlihat berbeda agar menarik perhatian perusahaan. Perbedaan itu bisa anda perlihatkan dari format surat lamaran, permainan warna, amplop dan lain-lain. Usahakan sekreatif mungkin, namun, tetaplah menjaga kesopanan dan keformalan dari surat lamaran anda.

22.       Jujurlah
Surat lamaran anda adalah representasi anda yang sebenarnya. Surat lamaran ini akan disimpan oleh perusahaan dan akan digunakan sebagai bahan pada saat wawancara jika anda lolos ke tahap berikutnya. Oleh karena itu, tuliskan data-data di surat lamaran kerja anda dengan sejujur-jujurnya. Jika anda tidak jujur, maka pasti akan ketahuan pada saat wawancara.

33.       Ekspose Kelebihan
Salah satu trik jitu saat menulis surat lamaran kerja adalah dengan menonjolkan kelebihan yang anda unggulkan. Baik itu kelebihan teknis maupun kelebihan kepribadian. Misalnya kelebihan teknis, anda pernah mengikuti pelatihan atau traning tertentu, maka anda sampaikan di surat tersebut dan lampirkan juga sertifikat yang anda peroleh. Kelebihan di bidang kepribadian, anda harus tonjolkan bahwa anda bertanggung jawab dan pekerja keras sehingga nilai anda di mata perusahaan akan baik.

44.       Pilih Bahasa Yang Tepat
Tergantung formasi dan perusahaan apa yang anda lamar, pilihan bahasa bisa menjadi sangat menentukan. Misalnya, jika basis perusahaan asalnya adalah dari luar negeri, maka gunakan bahasa inggris. Sebaliknya jika perusahaan lokal, maka Bahasa Indonesia sudah cukup. Namun penggunaan Bahasa Indonesia harus baik dan benar.

55.       Perhatikan Detail
Hal-hal detail dalam surat lamaran kerja anda harus diperhatikan, misalnya foto. Persiapkan foto dengan baik. Pilih foto terbaik anda dengan menggunakan jas (bagi laki-laki), hal ini untuk menunjukkan keseriusan anda. Selain itu periksa penulisan pada surat lamaran kerja ada, jangan sampai terdapat kesalahan penulisan huruf, karena hal ini menunjukkan tingkat kerapian anda.

So, sekarang anda sudah tahu jurusnya untuk membuat surat lamaran kerja yang memiliki efek diterima. Selamat Mencoba! Dan semoga sukses.

0 comments:

Post a Comment