5 Sikap Praktis Ketika Mendapat Teguran Atasan
Hidup kadang tak semulus harapan
kita. Kadang, kejadian yang tak diharapkan menimpa kita. Bisa jadi karena
kesalahan kita yang disengaja maupun tidak sengaja. Namun, bukan kesalahannya
yang perlu dibahas, tapi bagaimana menyikapi kesalahan itu yang penting.
Ketika kita berbuat kesalahan di
kantor, tentu kita akan mendapat teguran. Nah, sikap dan kedewasaan kita diuji
saat kita mendapat teguran karena kesalahan kita tersebut. Konon, orang pintar
adalah orang yang tidak salah bersikap ketika berbuat kesalahan. Jika sikap
kita baik, maka atasan kita akan lebih cepat memaafkan, sebaliknya jika kita salah bersikap, maka kesalahan itu
akan berdampak lebih panjang. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa kita
lakukan saat kita melakukan kesalahan di kantor.
1. Akui Kesalahan
Ketika mendapat teguran, usahakan jangan emosi. Emosi hanya akan
memperlihatkan ketidakdewasaan anda. Alangkah baiknya jika anda mengakui
kesalahan anda tersebut dan meminta maaf kepada atasan.
2. Berikan Janji Untuk Memperbaiki
Jika kesalahan yang anda lakukan disebabkan karena keteledoran anda, maka
berikan janji untuk memperbaiki sikap anda tersebut. Misalnya, anda terlambat
datang pada rapat yang sangat penting, berikan janji untuk tidak mengulanginya
dan akan datang diawal waktu untuk rapat mendatang.
3. Tebus Kesalahan Anda
Ketika anda berbuat kesalahan, maka nilai anda di mata atasan sudah
berkurang. Maka untuk mengembalikan nilai dan kepercayaan anda di mata atasan,
tebuslah kesalahan anda dengan cara bekerja lebih giat lagi dari biasanya.
Tunjukkan bahwa anda menyesal dan itu menjadi pemicu sehingga anda bekerja
lebih semangat lagi.
4. Jangan Merasa Minder
Tiap orang pasti punya kesalahan. Hanya malaikat saja yang tidak pernah
salah. Oleh karena itu, jangan sampai anda merasa minder dengan kesalahan
tersebut. Asal anda sudah mengakui dan meminta maaf, maka tugas anda selesai
sampai disitu.
5. Lupakan
Ya,
lupakan. Jangan merasa terbebani dengan kesalahan tersebut yang pada akhirnya
akan membuat kerja anda tidak optimal. Segera lupakan masalah tersebut dan
hadapi pekerjaan anda dengan kepala tegak karena anda sudah berupaya
memperbaiki kesalahan tersebut.
0 comments:
Post a Comment