7 Resep Cespleng Wawancara Kerja



Pintu pertama yang harus anda lalui untuk masuk ke dunia kerja yang anda inginkan adalah wawancara kerja (interview). Hampir setiap orang berpendapat bahwa wawancara kerja adalah sarana perusahaan untuk mengetahui apakah anda adalah orang yang cocok untuk menduduki jabatan tertentu yang sedang dibutuhkan. Memang betul, tetapi tidak hanya itu. Wawancara kerja juga berfungsi sebaliknya, yaitu sarana bagi anda untuk menilai apakah suatu perusahaan yang sedang anda lamar adalah tempat yang cocok bagi anda.
Ada banyak tips sukses wawancara kerja yang bisa anda dapatkan, tetapi paling tidak 7 hal berikut ini adalah tips paling penting dan resep cespleng yang akan menjadi faktor penentu sukses tidaknya wawancara anda:

1.       Persiapkanlah Pengetahuan Anda Tentang Perusahaan Yang Sedang Dilamar
Sehari sebelum waktu wawancara kerja, gunakan waktu untuk mencari tahu informasi mengenai perusahaan tempat anda melamar pekerjaan. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan informasi mengenai visi, misi, keunggulan serta nilai-nilai yang dianut dalam perusahaan tersebut. Sehingga dalam menjawab pertanyaan, anda dapat menyesuaikan jawaban anda  dengan visi misi yang dianut oleh perusahaan agar kesempatan anda diterima lebih besar.
2.       Datang 30 Menit Sebelum Waktu Yang Ditentukan
Jika anda datang terlambat, besar kemungkinan anda akan gagal. Orang yang datang terlambat secara psikologis akan berpengaruh pada performance-nya saat wawancara kerja. Misalnya, berkeringat, jawaban tergopoh-gopoh, tidak konsentrasi dan sebagainya.  Oleh karenanya, datanglah 30 menit sebelum jadwal wawancara agar anda berada kondisi yang tenang saat wawancara.
3.       Gunakan Pakaian Terbaik, Tapi Jangan Berlebihan
Pewawancara akan menilai anda tidak hanya dari jawaban anda, tapi juga dari penampilan. Karena penampilan mencerminkan karakter dan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, pilih pakaian yang mencerminkan kedewasaan anda dan yang mencerminkan  anda adalah orang yang bisa dipercaya. Gunakan pakaian formal yang umum, misalnya celana hitam, baju hem warna terang, sepatu yang mengkilap serta dasi jika diperlukan. Namun, jangan terlalu berlebihan, misalnya berlebihan dalam menggunakan parfum atau yang lainnya.
4.       Persiapkan Jawaban Dari Rumah
Pada umumnya, pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara kerja bisa ditebak, misalnya “ceritakan tentang diri anda”, “apa kelebihan dan kekurangan saudara”, “apa pengalaman saudara”, “apa tujuan saudara melamar pekerjaan di perusahaan ini” dan sebagainya. Atas pertanyaan yang bisa ditebak ini, persiapkan jawabannya dari rumah. Jika perlu tulislah jawaban tersebut di kertas, lalu hafalkanlah. Hal ini bertujuan agar terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut anda memiliki ketenangan dalam menjawab karena sudah dipersiapkan sebelumnya.
5.       Tunjukkan Jika Anda Bersemangat
Salah satu hal penting yang dilihat oleh pewawancara adalah sikap kita dalam menjawab pertanyaan. Pewawancara suka sekali dengan orang yang bersemangat, hal ini menunjukkan bahwa kita serius dan antusias dengan pekerjaan yang ditawarkan. Salah satu indikator bisa dilihat dari cara duduk yang tegap, pandangan optimis menatap ke depan dan intonasi suara yang pasti.
6.       Gunakan Jawaban Yang Tegas dan Tidak Bertele-tele
Penggunaan bahasa juga penting dalam wawancara kerja. Jawaban yang disampaikan harus tegas dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan kata “mungkin”, “kira-kira” atau “sepertinya”, karena kata-kata itu menunjukkan keraguan. Jadi anda harus mengatakan “Saya bisa”, BUKAN “saya mungkin bisa” atau “saya sepertinya bisa”.
7.       Jika Diberi Waktu Bertanya, Gunakan Dengan Baik
Ada kalanya, setelah pewawancara selesai, anda dipersilakan bertanya. Jika diberi waktu seperti ini, gunakan sebaik-baiknya untuk menanyakan hal-hal yang ingin anda ketahui tentang perusahaan. Misalnya bagaimana suasana kerja di perusahaan, bagaimana jika lembur dan sebagainya.

Ok, itu tadi 7 tips sukses dan resep cespleng wawancara kerja. Salam sukses, have a nice interview...:)

0 comments:

Post a Comment